Sutanto Mutasi, Tinggalkan Gelora Literasi

Kulon Progo (MTsN6KP) – “Saya tidak mengucap kata pamit kepada bapak ibu guru di madrasah ini. Namun saya hanya menyampaikan permintaan maaf bila selama saya bersama bapak ibu ada hal yang kurang berkenan. Kepindahan saya semata hanya menjalankan perintah atasan tak ada yang lain. Saya hanya bisa memberikan beberapa buah buku untuk melengkapi koleksi perpustakaan yang akan maju akreditasi,” demikian disampaikan Guru Seni Budaya Drs.Sutanto dihadapan Kepala MTsN 6 Kulon Progo, guru, dan Pegawai Tata Usaha, Sabtu (20/2/2021).

Sutanto menambahkan, setiap membuat buku baik solo maupun antologi selalu ia sisihkan untuk di sedekahkan di perpustakaan agar bisa menjadi tambahan koleksi sekaligus memotivasi siswa dan guru untuk mau menulis.
“Saya tidak bisa memberikan tinggalan harta benda, namun hanya beberapa buku dan gelora literasi pada Mts terbaik di Kulon Progo ini. Di sini banyak potensi yang belum tergali,  semoga dengan kepindahan saya makin banyak guru dan siswa yang menghasilkan buku,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Sutanto mendapat cindera mata 3 buah buku : Merindu Asa (novel) dari Marwati, S.Pd., Untaian Kata (kumpulan cerita) dari Dra. Rr. Siti Mahmudati, M.A., Sahabat Sejati (cerpen remaja) dari Ani Romadhoni, S.Pd.

Kepala Madrasah, Zainuri, S.Pd. menjelaskan bahwa mutasi Sutanto berdasar pada Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 228/KW.12.1/3/2021. “Dalam KMA tersebut ditetapkan bahwa mulai 1 Februari 2021 yang bersangkutan dipindahkan ke MTsN 3 Bantul. Sebenarnya kami merasa kehilangan pak Tanto, terutama bidang publikasi dan literasi. Dia telah menebar pengaruh positif di madrasah ini, sehingga banyak bapak ibu guru yang mulai mau menulis buku secara solo maupun antologi,” ungkap Zainuri.

Bahkan secara tegas Zainuri mewajibkan semua guru untuk menulis buku, setiap guru satu buku, akan difasilitasi madrasah dan akan diterbitkan serta dilaunching bersama pada Agustus 2021.

Selanjutnya guru seni budaya di MTsN 6 Kulon Progo diampu Drs. Zamroni dari MTsN 3 Bantul. (tan/abi).

Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

2 tanggapan pada “Sutanto Mutasi, Tinggalkan Gelora Literasi”

  1. Aslam ww,
    Selamat jln pak Tanto, walaupun jauh Dimata sll dekat dihati.Pak Tanto adl pustakawan bg sy, Krn setiap ada persoalan sekolah sll sigap didlm menyelesaikan masalah dgn penuh santai dan bijak, tanpa pandang siapa yg bertanya, selamat jln pak Tanto smg sll successs dlm sgl hal, Aaminnn yra.
    SALAM OR….!!! JAYA…!!!
    Maksss maafff sgl kekhilafan,
    Waslm ww.

Tinggalkan Balasan