Guru Mimase Lolos Jadi Penulis Soal AKSI Madrasah

 Kulon Progo (MIMASE) – Kementerian Agama Republik Indonesia, melalui Direktorat Jendral Pendidikan Islam akan menyelenggarakan Program Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) untuk madrasah. Untuk itu diadakan rekrutmen berdasarkan perencanaan kebutuhan program tersebut yaitu penulis soal.

Rekruitmen Penulis Soal Asesmen Kompetisi Siswa Indonesia (AKSI) yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia diikuti oleh guru dan pengawas madrasah se-Indonesia.

Kegiatan tersebut merupakan seleksi guru dan pengawas madrasah untuk menjadi Tim Penyusun Soal atau Instrumen Asesmen Kompetisi Siswa Indonesia (AKSI). AKSI adalah Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia yang bertujuan untuk memetakan kemampuan siswa madrasah demi perbaikan madrasah di Indonesia.

Pengembangan dan instrumen penilaian AKSI 2021 meliputi Literasi Membaca, Numerasi, Sains, dan Sosial Budaya untuk jenjang MI, MTS dan MA.

Salah satu guru MI Ma’arif Sendang, Hanik Mardhiyatin, S.Ag mengikuti kegiatan tersebut, di bidang Literasi Membaca jenjang MI.

Selasa (5/1/2021) merupakan batas akhir upload persyaratan untuk mendaftar sebagai peserta. Hanik merasa senang karena bisa lolos untuk seleksi administrasi. Dilanjutkan selekasi tahap dua (tes Psikologi) dilaksanakan Selasa (2/2/2021) pagi melalui zoom. Setelah lolos tahap dua, masih dilanjutkan tes tahap tiga. Di tahap tiga ini, tes wawancara yang akan menentukan lulus dan tidaknya menjadi penulis soal AKSI 2021.

Tes wawancara dilaksanakan Kamis (11/2/2021) melalui zoom. Beberapa pertanyaan bisa dijawab dengan lancar dan harus jujur. Berkat kejujuran yang disampaikan secara apa adanya, alhamdulillah akhirnya Kamis (18/2/2021), Hanik bisa lolos menjadi Tim Calon Penulis Soal AKSI Literasi Membaca jenjang MI.

Hanik merasa bangga bisa lolos dalam seleksi rekrutmen Tim Penyusun Soal AKSI. “Semoga dengan diterimanya menjadi Tim Penyusun Soal AKSI tahun 2021, saya bisa amanah dalam menjalankan tugas ini,” ujarnya.

Pj. Kepala MI Ma’arif Sendang, Asrorudin, S.Pd.I.  merasa bangga, karena salah satu gurunya ada yang bisa lolos menjadi Tim Penyusun Soal AKSI tahun 2021. “Tidak mudah bisa lolos dalam seleksi yang diikuti oleh guru dan pengawas madrasah se-Indonesia. Mudah- mudahan ini bisa menjadi pemicu teman guru yang lain untuk mengikuti seleksi-seleksi yang diadakan Kementerian Agama,” tegasnya. (jmy/abi).

Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

Tinggalkan Balasan