Peringati HAB, Menag Ingatkan 3 Kata Kunci

Kulon Progo (Kankemenag) – Memeringati Hari Amal Bakti (HAB) ke-75, perlu semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama. Semangat baru tersebut dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci. Hal itu disampaikan Kepala Kankemenag Kulon Progo, H. Ahmad Fauzi, S.H. saat membacakan Sambutan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas pada Upacara Peringatan Hari Amal Bakti ke-75 Kementerian Agama yang berlangsung di halaman kantor setempat, Selasa (5/1/2021) pagi.

“Dalam kesempatan ini, saya ingin mengingatkan tentang semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama. Semangat Kementerian Agama baru itu dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci,” ungkap Menag.

“Pertama, managemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan,” terang Yaqut.

“Kedua, penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan,” imbuhnya.

Sedang yang ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan se tanah air, serta mengembangkan persaudaraan kemanusiaan,” lanjut Menag.

“Dirgahayu 75 tahun Kementerian Agama. Semoga Covid-19 sebagai ujian berat bagi bangsa kita dan kemanusiaan, segera berlalu dengan takdir dan pertolongan Allah SWT. Mari jadikan agama sebagai inspirasi pembangunan bangsa dan negara. Dan mari kita senantiasa berdoa semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa melimpahkan rahmat, taufiq, dan ampunan-Nya kepada kita semua. Aamiin,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada 15 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kulon Progo untuk masa pengabdian 10, 20, dan 30 tahun. Adapun para ASN yang menerima Penganugerahan Tanda Kehormatan tersebut meliputi: Pengabdian 30 Tahun, Drs. H. Sumiran, Drs. Antonius Hernawan Pratikta, dan Sidik Siswoyo, B.A. Untuk pengabdian 20 tahun, Drs. H.R. Nur Rahmawan Sugiharta, Dra. Hj. Sulasmi, M.A., Drs. H. Parjiyo, M.A., H. Saeful Hadi, S.Ag. M.Pd.I., Tri Mulyani Indrastuti, dan Hj. Hesti Muryaningsih, S.Pd.I. Sedangkan untuk pengabdian 10 tahun, Tri Utami, M.Pd.K, Esti Langgeng Prasetya, S.Th., Yohanes Setiyanto, SS, Susana Pancaningsih, S.Pd., Bernadeta Sri Kadarwati, S.Sos., dan Dwi Antar Wibawa.

Sementara itu, sebanyak 3 ASN dan 2 Satker di Kankemenag Kulon Progo berhasil mendapatkan apresiasi dengan Kinerja Terbaik. Penghargaan ini berdasar Surat Keputusan Kepala Kankemenag Kulon Progo Nomor 333 Tahun 2020, Tanggal 30 Desember 2020. Agen Perubahan ZI-RB Terbaik (Yohanes Setiyanto,SS), ASN dengan dedikasi dan kinerja terbaik (Yohanes Hery Suwondo,S.E.), Pengelola berkomitmen terhadap pembangunan ZI-RB (Sugiyanto), Peringkat Pertama Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (Tim Sekretariat), Pelaksana Kegiatan dengan Prosentase Realisasi Anggaran Tertinggi (Tim Bimas Islam).

Selain penghargaan tersebut juga diserahkan kartu Brizzi dari BRI Kanca Wates kepada 6 orang guru masing-masing sebesar Rp 500.000,00. (abi).

Tetap sehat dan semangat

Tinggalkan Balasan