MIN 2 Kulon Progo Tetap Laksanakan Pembelajaran Jarak Jauh

Kulon Progo (MIN2KP) – MIN 2 Kulon Progo laksanakan kegiatan belajar mengajar jarak Jauh (PJJ) sesuai Intruksi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 1/INSTR/2021 dan surat edaran Bupati Kulon Progo Nomor 800/0072 bahwa guru dan tenaga kependidikan melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh. Kepala MIN 2 Kulon Progo, Etik Fadhilah Ihsanti menyampaikan hal itu di madrasahnya,  Sabtu (9/1/2021).

“MIN 2 Kulon Progo semua siswa melaksanakan pembelajaran jarak jauh, ada yang secara online, tetapi ada juga siswa yang melaksanakan dengan mengambil tugas karena ada beberapa kendala,” ungkapnya

“Pertama, ada wali siswa tidak memiliki handphone. Kedua sinyal susah. Ketiga karena kuota yang tidak tercukupi, dan yang keempat keterbatasan menu handphone.  Maka tugas diberikan dengan cara mengambil dan mengembalikan ke sekolah oleh wali murid,” terang Etik.

“Tentu saja ketika pelaksanaan kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan. Kecuali orangtua yang rumahnya jauh, atau wali yang menginginkan tugas lewat online murni juga tetap dilayani. Online murni artinya tugas pengambilan dan pengembalian tetap memakai handphone sebagai sarana,” imbuhnya.

Salah satu Guru MIN 2 Kulon Progo, Siti Fatini mengatakan bahwa dirinya memberikan tugas sesuai jadwal dengan media WhatsApp. “Pembelajaran jarak jauh dengan pemberian tugas dilaksanakan sesuai jadwal dengan mengirimkan lewat WhatsApp, sesuai dengan silabus dan rencana program pendidikan yang materinya ada di buku paket serta buku lembar kerja siswa (LKS). Alhamdulillah ketersediaan buku mencukupi, meskipun ada beberapa anak yang bergabung dengan anak yang rumahnya dekat,” katanya.

Selama ini menurutnya tidak ada kendala dalam pemberian tugas, tetapi siswa kesulitan pada materi baru yang sebagian orangtuannya tidak bisa membantu dan guru juga kesulitan untuk menjelaskan karena tidak bisa tatap muka. “Namun begitu, kami mencoba untuk menjelaskan dengan cara sebisa kami, entah menjelaskan lewat WhatsApp atau ketika wali menginginkan bertemu di sekolah. Harapannya semoga pandemi segera berakhir dan bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan cara tatap muka,” pungkas Siti Fatini. (fat/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

Tinggalkan Balasan