PAS Daring dan Luring MTsN 4 Kulon Progo Lancar

Kulon Progo (MTsN4KP) – Guna mengevaluasi hasil belajar siswa selama satu semester, MTsN 4 Kulon Progo mengadakan Penilaian Akhir Semester  (PAS). Agenda tersebut dilaksanakan dari mulai Senin (30/11/2020) hingga Senin (7/12/2020). Mengingat kondisi pandemi yang belum juga reda, madrasah memberikan kebijakan dengan menggunakan media daring maupun luring.

Ketua Panitia, Drs. Kurdiyanto mengatakan bahwa PAS ini dilaksanakan dengan menggunakan soal yang disusun oleh MGMP tiap mata pelajaran. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, PAS kali ini dikelola oleh madrasah, tidak melalui K3M. “Soal berstandar MGMP tiap mata pelajaran lalu dibuat google form oleh masing-masing guru mata pelajaran,” jelas Kurdiyanto.

Adapaun siswa yang melaksanakan PAS secara luring, panitia memfasilitasi pengambilan soal dan lembar jawab oleh orangtua siswa untuk kemudian dikerjakan di rumah, Lembar soal dan jawaban dikembalikan lagi ke madrasah pada hari berikutnya. “Metode ini terbukti mengakomodasi para siswa yang mengalami kendala terkait sinyal ataupun fasilitas. Dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan, panitia melayani pengambilan soal dan pengembalian lembar jawab,” urai Kurdiyanto.

Dari pantauan panitia, PAS daring kali ini berjalan relatif lancar, apalagi siswa telah mendapatkan bantuan paket data untuk mengerjakan soal. Meskipun tetap ada saja anak yang mengeluhkan tentang kekuatan sinyal yang tidak bisa maksimal ketika membuka soal di google form. Dengan berbagai kondisi yang dialami, maka pihak madrasah masih memberikan toleransi dengan cara memberikan batas waktu pengerjaan soal hingga 12 jam.

“Meski tidak maksimal seperti halnya ketika mengikuti ujian di sekolah, diharapkan PAS ini dapat menjadi barometer hasil Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan oleh siswa,” imbuhnya.

Ia pun mengatakan bahwa PAS ini berjalan dengan baik dengan kerjasama antara pihak madrasah, siswa, dan orangtua. Sebab ia yakin bahwa anak-anak tetap membutuhkan pendampingan dari guru/orangtua saat mengerjakan soal, sehingga tidak hanya dapat nilai akan tetapi siswa juga bertambah pendalaman materinya. (siw/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

Tinggalkan Balasan