Siswi MTsN 6 Kulon Progo, Juara V Lomba Macapat

Kulon Progo (MTsN6KP) – Siswi MTsN 6 Kulon Progo, Sofia Nur Afifah berhasil meraih Juara V Lomba  Macapat SMP/MTs se-Kulon Progo dan berhak menerima  trophy serta uang pembinaan 750 ribu rupiah di Taman Budaya Kulon Progo, Rabu (14/10/2020).

Guru Bahasa Jawa MTsN 6 Kulon Progo, Ismi Rahayu, S.TP. menjelaskan bahwa Sofia mengikuti lomba secara daring. Sedangkan latihannya kombinasi daring dan tatap muka.

“Sofia kita berikan arahan saat tatap muka, berlatih di rumah dengan contoh rekaman tembang macapat. Dengan dibantu Drs. Sutanto, Waka Kesiswaan dari proses pendaftaran sampai  pengambilan video  serta upload di chanel videonya. Barulah link dikirim,” terangnya.

Sofia tidak menyangka dirinya akan mendapatkan Juara Lomba Nembang Macapat yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan kulon progo pada tahun ini. “Saya merasa senang, tetapi juga tak menyangka  kalau bisa juara. Meskipun baru meraih juara V, saya bangga bisa mengharumkan nama Madrasah dan ikut mengembangkan bakat di bidang seni terutama untuk melestarikan budaya jawa,“ ujarnya saat menerima piala dan uang pembinaaan.

Buah hati dari pasangan Sunarto dan Wagirah yang beralamat di Sapon, Sidorejo, Lendah ini mempunyai banyak prestasi . Selain mewakili lomba nembang macapat, akhir Oktober sampai Awal November akan mewakili lomba KSMO DIY maupun Nasional 2020 untuk bidang IPA terpadu Terintegrasi.

Kepala Madrasah Imam Syamroni, S.Pd. menyambut baik dan memberikan apresiasi prestasi tersebut. “Alhamdulillah, meski pandemi tetap berprestasi. Semoga prestasi ini menjadi penyemangat siswa lain, baik di bidang sastra maupun bidang-bidang lain nantinya,” ujar Imam.

Selain Macapat, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo juga mengadakan lomba maca geguritan, maca cerkak, alih aksara jawa, sesorah, dan pranata adicara  dalam rangka Kompetisi Bahasa dan Sastra tahun 2020 yang diikuti oleh pelajar  SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. (ani/tan/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

2 tanggapan pada “Siswi MTsN 6 Kulon Progo, Juara V Lomba Macapat”

  1. Selamat mbak Sofia dan Bu Ismi SBG pembimbing yg handal,SMG di even2 selanjutnya dpt juara satu, Aaminnnn yra. Maksss

Tinggalkan Balasan