MAN 2 Kulon Progo Tuan Rumah Launching MOTEFA

Kulon Progo (MAN2KP) – MAN 2 Kulon Progo mendapatkan kesempatan yang berharga, menjadi tuan rumah Launching Program Modified Teaching Factory (motefa) dengan Penerapan Managemen Halal pada Madrasah Vokasi di DIY. Kegiatan berlangsung di madrasah setempat, Kamis (15/10/2020).

Tidak sedikit tamu undangan yang hadir dalam acara Lounching Program Modified Teaching Factory dengan Penerapan Manajemen Halal tersebut, di antaranya Amich Al Humami, MA. M.Ed, Direktur Agama, Pendidikan dan Kebudayaan Bapenas RI, DR. H. Achmad Umar, MA, Direktur KSKK Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I, Kepala Kanwil Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, dan H. Muntholib, S.Ag., MSI, Kepala Bidang Madrasah Kanwil Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, Staf Ahli Bupati Kulon Progo Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Bambang Sutrisno, S.Sos, Kepala Kankemenag Kulon Progo, H. Ahmad Fauzi, S.H. beserta jajarannya.

Selain beberapa nama dia atas, juga dihadiri oleh empat Kepala Madrasah se-DIY yang memiliki program keterampilan di madrasahnya, antara lain MAN 2 Kulon Progo, MAN 2 Bantul, MAN 2 Yogyakarta dan MAN 1 Sleman.

.

DR. H. Achmad Umar, MA, Direktur KSKK Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI mengatakan bahwa Program Modified Teaching Factory itu sendiri adalah program yang dirancang agar peserta didik memiliki kompetensi yang lebih setelah lulus. Minimal bisa memiliki kemandirian, dan maksimalnya bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar dengan menyerap tenaga kerja dalam usahanya. “Dengan motefa ini, diharapkan anak-anak memiliki kompetensi yang lebih, dan nantinya setelah lulus, dia di masyarakat, minimal memenuhi ekonomi sendiri. Syukur-syukur membantu masyarakat. Apakah dia membuka usaha kecil-kecilan yang bisa menyerap tenaga kerja. Atau ketika lanjut kuliah, dia sudah memiliki sifat kemandirian serta akhlak yang baik,” tegasnya.

Agar program motefa terlaksana dengan baik, dalam acara tersebut dilakukan penandatangan PKS/MOU oleh Kepala Kanwil Kemenag DIY dengan BLPT Yogyakarta, Margaria Grup, dan Seblak Asgar Indonesia. Serta memberikan buku panduan program motefa tersebut kepada perwakilan empat Madrasah Aliyah Plus Keterampilan.

Bahkan, Amich Al Humami, MA. M.Ed, Direktur Agama, Pendidikan dan Kebudayaan Bapenas RI, memberikan apresiasi atas Launching-nya Program Modified Teaching Factory dengan Penerapan Manajemen Halal yang diinisiasi oleh Kanwil Kemenag DIY tersebut.

Kepala MAN 2 Kulon Progo, Khoiriyatun, S.Pd. M.Sc. mengaku bahwa Launching ini sebagai sebuah pengalaman yang berharga bagi madrasahnya menjadi tempat acara yang sangat penting tersebut. Bahkan Kepala MAN 2 Kulon Progo merasa sangat bahagia mendapatkan pengalaman berharga ini. “Lega, bahagia, dan bangga. Direktur KSKK yang selalu penuh semangat, memotivasi, dan menginspirasi. Nasehat beliau selalu menjadi lecutan energi baru untuk mengabdi secara tulus dan tanpa pamrih, demi melejitkan Madrasah,” tutur Khoiriyatun. (pan/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 tanggapan pada “MAN 2 Kulon Progo Tuan Rumah Launching MOTEFA”

Tinggalkan Balasan