Guru MIMAPAN Ikuti Sosialisasi AKG Kanwil Kemenag DIY

Kulon Progo (MIMAPAN) – Sosialisasi Assesment Kompentensi Guru (AKG) dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag DIY dengan zoom meeting. Setiap Guru madrasah diharapkan dapat mengikuti sosialisasi AKG tersebut. Kuota untuk peserta zoom meeting hanya 300 peserta, padahal jumlah guru madrasah se-DIY jauh lebih banyak. Maka yang tidak bisa masuk melalui zoom meeting dapat mengikuti sosialisasi melalui chanel youtube. Sosialisasi AKG dilaksanakan Kamis (15/10/2020) siang.

Kasi Guru Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY, Abdul Su’ud menjelaskan tentang AKG. “AKG bukan masalah lulus atau tidak lulus, tapi merupakan langkah menuju PKB. Nilai AKG nanti masuk di akun simpatika masing-masing guru. Syarat ikut PKB harus ikut AKG. Jika tidak mengikuti AKG dan PKB, maka kompetensinya dipertanyakan. Tujuan AKG yaitu untuk mendapatkan gambaran tentang kompentensi guru,” paparnya.

“AKG dilaksanakan serentak seluruh Indonesia Senin-Kamis (2-6/11/2020). Dalam sehari AKG dilaksanakan dalam tiga sesi. Jumlah soal sebanyak 60 butir diselesaikan dalam waktu 120 menit. Kartu peserta AKG dapat dicetak melalui akun simpatika setelah waktu pendaftaran ditutup, yaitu tanggal (28/10/2020). Kompentensi yang diujikan pada soal AKG yaitu kompetensi pedagogik dan kompentensi professional,” imbuh Su’ud.

Salah satu guru MI Ma’arif Plampang, Wuryanti, S.Pd.I., M.Pd. mengungkapkan tentang keikutsertaannya dalam sosialisasi AKG Kanwil Kemenag DIY. “Alhamdulillah saya dapat mengikuti sosialisasi AKG yang diselenggarakan Kanwil Kemenag DIY melalui zoom meeting. Beruntung saya masih bisa masuk ke zoom meeting walaupun kuotanya hanya 300. Teman-teman banyak yang tidak bisa masuk melalui zoom, kemudian mengikuti sosialisasi melalui chanel youtube. Sosialisasi AKG sangat penting bagi saya untuk mengetahui tata cara dalam pendaftaran, tempat pelaksanaan, dan tata cara pelaksanaan AKG,” ungkap Wuryanti di madrasahnya saat mengikuti zoom meeting. (ynt/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

Tinggalkan Balasan