Guru MIM Grubug Ikuti Training Pengembangan Media Pembelajaran

Kulon Progo (MIM Grubug) – Untuk bisa menyampaikan materi ajar yang lebih menarik dan mudah diterima oleh peserta didik diperlukan metode serta media yang tepat. Guru harus selalu meningkatkan kemampuan dalam memilih suatu metode. Selain itu, kemampuan untuk mengembangkan media pembelajaran juga harus selalu ditingkatkan. Hal itu diungkapkan Kepala MI Muhammadiyah Grubug, Juminta pada saat membersamai guru mengikuti pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran yang diselenggarakan secara daring, Selasa (29/9/2020) pagi.

“Ketepatan dalam membuat media pembelajaran akan mempermudah guru untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Di samping itu, media yang menarik akan membuat peserta didik lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran,” ungkapnya.

Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan oleh Lazis Unisia dalam program galang madrasah yang diikuti oleh empat peserta se-DIY. Berbagai materi telah disampaikan pada pertemuan-pertemuan yang telah lalu. Pelatihan kali ini dengan nara sumber Faisal Isnan dari Elsap Yogyakarta, dengan materi Pengembangan Media Pembelajaran. Kegiatan ini, selain diisi dengan teori juga presentasi dari masing-masing madrasah dilanjutkan dengan dialog.
“Saran atau masukan dari sesama peserta pelatihan akan lebih menambah khasanah pengetahuan bagi guru MI Muhammadiyah Grubug. Media yang disampaikan oleh peserta lain akan bisa menjadi bahan atau referensi untuk bisa media yang lebih menarik,” imbuh Juminta.

“Pelatihan ini diharapkan bisa menjadi pemicu dan pemacu bagi guru untuk selalu berkreasi di dalam membuat media pembelajaran baik berbasis tehnologi (modern) maupun yang masih bersifat manual (tradisional). Keterampilan inilah yang harus dimiliki semua guru agar lebih profesional, peserta didik lebih tertarik dan aktif dalam proses belajar mengajar,” pungkasnya. (jum/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

Tinggalkan Balasan