Cegah Cacingan, MUSERA Bagikan Albendazole Untuk Siswa

Kulon Progo (MUSERA) – Kesehatan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan. Semua orang menginginkan hidup sehat. Begitu penting dan berartinya kesehatan hingga ‘sehat itu mahal harganya’ merupakan ungkapan yang tepat sebagai pengingat bagi semua orang untuk wajib menjaganya. Dalam upayanya menjaga kesehatan tersebut, MI Muhammadiyah Serangrejo bekerjasama dengan Puskesmas Wates melakukan pemberian obat cacing (albendozole) secara cuma–cuma  pada Selasa (29/9/2020). Pemberian obat cacing ini merupakan program rutin 6 bulan sekali yang diberikan kepada semua siswa MI Muhammadiyah Serangrejo.

Sistem pengambilan obat cacing berbeda untuk setiap jenjang kelasnya. Kelas I-III diambil oleh orangtua/wali, sedangkan untuk kelas IV-VI diambil sendiri oleh siswa, tentunya dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan.

Guru kelas masing-masing juga menjelaskan tujuan serta memberi saran agar tidak makan buah selama satu hari setelah minum obat tablet kunyah tersebut

Anak usia 12 bulan–12 tahun rawan mengalami infeksi cacing karena kesadaran akan kebersihan diri masih kurang dibandingkan orang dewasa.

Kepala MUSERA, Sumarsih menerangkan bahwa pemberian obat cacing ini untuk menjaga anak-anak dari cacingan. “Obat cacing ini bermanfaat agar siswa tetap terjaga kesehatannya dan terhindar dari infeksi cacingan. Jika anak-anak sehat maka pembelajaran daring /luring bisa berjalan dengan lancar dan tentunya lebih efektif,” ungkap Sumarsih.

Kegiatan pemberian obat cacing ini diapresiasi baik oleh orangtua/wali sebagai bentuk nyata kepedulian yang tinggi terhadap kesehatan, terbukti dengan semua siswa mengambil obat cacing tersebut.

Selain meminum obat cacing, pencegahan infeksi cacing dapat juga dilakukan dengan mencuci bahan makanan dengan bersih sebelum diolah, rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga kebersihan tubuh serta lingkungan tempat tinggal.

Guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga MUSERA, Fita Haryanti menghimbau kepada orangtua/wali agar tetap mendampingi putra/putrinya ketika minum obat tersebut. Selain dengan obat, perlu juga diperhatikan kebersihan diri dan lingkungan agar tidak terjadi infeksi cacing berulang.

“Anak-anak harus membiasakan cuci tangan pakai sabun dan air bersih, menjaga kebersihan makanan, serta mengupayakan adanya  lingkungan yang sehat,” ujarnya.

Di masa pandemi Covid-19 ini, menerapkan budaya hidup bersih dan sehat juga sudah menjadi kewajiban bagi semua orang tak terkecuali, salah satunya untuk mencegah adanya infeksi cacing bagi anak. (ttm/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

2 tanggapan pada “Cegah Cacingan, MUSERA Bagikan Albendazole Untuk Siswa”

Tinggalkan Balasan