Belajar Demokrasi, MTs Mahuda Gelar Pemilos

Kulon Progo (MTs Mahuda) – Dalam rangka menumbuhkan sikap demokrasi pada siswa, MTs Mafatihul Huda menyelenggarakan Pemilihan Ketua OSIS Periode 2020 – 2021. Kegiatan Pemilihan Ketua OSIS ini dilakukan dengan menggunakan tata cara seperti pemilihan umum (Pemilu). Pemilos ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan sejak dini kepada para siswa MTs Mahuda tentang tata cara pemilu serta menumbuhkan sikap sesuai dengan asas pemilu, yakni demokratis, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Kegiatan digelar di madrasah setempat, Ahad (27/9/2020).

Kepala Madrasah MTs Mahuda, Luluk Junaidi Khoirul Huda mengatakan bahwa organisasi seperti OSIS itu penting. “Berorganisasi seperti OSIS itu penting, apalagi bagi para santri dan siswa madrasah sebagai penerus perjuangan para ulama, dan penyambung lidah kebenaran,” kata Luluk Junaidi.

Sementara itu Waka Kesiswaan, Sumi Hadiana mengatakan bahwa persiapan kegiatan ini dimulai dari Jumat (25/9/2020) dengan membentuk Panitia Pemilihan Ketua OSIS (PPO), Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Pengawas Pemilos (Panwaslos), serta Petugas Pengawas Lapangan (PPL). Pembentukan PPO dan Panwaslos langsung dipilih oleh Kepala Madrasah dan Waka Kesiswaan.

“Persiapan untuk acara ini sudah dimulai dengan membentuk PPO, Pantarlih, KPPS, Panwaslos, serta PPL. Untuk panitia langsung dibentuk oleh Kamad dan Waka Kesiswaan. Namun dalam hal ini, panitia yang bekerja adalah dari siswa, kami hanya mengawal saja,” ujarnya.

“Tahun ini, terdapat empat kandidat yang dipilih menjadi Ketua OSIS. Empat kandidat tersebut Sigit Ardiansyah, Muhammad Rizky Aviantara, Novi Anjariyah, dan Siti Zahrotun. Sedangkan jumlah total pemilih sebanyak 64 siswa,” imbuhnya.

Berdasarkan hasil penghitungan suara, perolehan suara paling banyak jatuh kepada Novi Anjariyah, siswi dari kelas VIII. Setelah pemilos ini selesai, madrasah akan mengadakan pelantikan, pengambilan sumpah janji, dan raker untuk membuat program kerja  OSIS. (lin/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

Tinggalkan Balasan