Musera Gelar Seminar Parenting Masa Pandemi

Kulon Progo (MUSERA) – Pembelajaran jarak jauh masih dilakukan seiring dengan meluasnya pandemi Covid-19. Selain berdampak pada siswa, tentunya hal ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua. Orangtua di rumah harus memastikan putra/putrinya tetap fokus dan bisa belajar dengan maksimal. MI Muhammadiyah Serangrejo bersama KKN UMY Mengajar 2020 menyelenggarakan Seminar Parenting dengan tema Peran Orangtua dalam Pembelajaran di Rumah di madrasah setempat, Rabu (12/8/2020).

Kegiatan dihadiri oleh 20 orangtua/wali yang tergabung dalam Pengurus POT (Paguyuban Orangtua/Wali). Melalui kegiatan ini, madrasah dan wali dapat belajar bersama bagaimana menjadi orangtua yang baik bagi anak dan perannya dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi.

Kegiatan Parenting menghadirkan dua pemateri. Materi pertama disampaikan oleh Wahyu Widyawati, Kawan dari Sekolah Literasi Indonesia yang mengawali acara dengan ice breaking penggugah semangat para orangtua/wali. Materi kedua disampaikan oleh Dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Radhiatul Fitri.

“Senang sekali, ternyata sekolah-sekolah sekarang sudah sadar akan pentingnya parenting bagi orangtua. Sambutan yang luar biasa hangat dari para orangtua/wali,” ungkap Radhiatul dalam awal materinya.

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana ini mengajak para orangtua/wali untuk melakukan relaksasi imagery, membayangkan beberapa tahun ke depan tentang putra/putri mereka. Dalam materinya, Radhiatul juga menyampaikan berbagai tanggung jawab beserta tips bagi orangtua/wali dalam mendidik dan mendampingi putra/putrinya di masa krisis. Di antaranya mendidik dengan keteladanan, kebiasaan, nasihat, perhatian, serta hukuman yang bersifat lembut dan bertahap.

Meski masih dalam suasana pandemi dan wajib menerapkan protokol kesehatan, orangtua/wali tetap antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan parenting yang diakhiri setelah sesi tanya jawab.

Sumarsih, Kepala MI Muhammadiyah Serangrejo mengaku sudah merencanakan kegiatan ini sejak lama, namun terkendala, dan akhirnya dapat terselenggara berkat kerjasama dengan KKN UMY Mengajar. “Saya menilai edukasi parenting dalam masa-masa seperti ini merupakan urgensi. Alhamdulillah materi yang disampaikan luar biasa dan sangat bermanfaat. Semoga dengan adanya kegiatan parenting dapat menjaga semangat, menambah keikhlasan serta kesabaran dalam mendidik anak-anak kita saat ini serta ke depannya” ucap Sumarsih. (del/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 tanggapan pada “Musera Gelar Seminar Parenting Masa Pandemi”

Tinggalkan Balasan