MTsN 2 Kulon Progo Serahkan Hewan Qurban ke Masjid dan Pondok Pesantren

Kulon Progo (MTsN2KP) – Hari Raya Idul Adha adalah salah satu hari besar bagi umat islam di seluruh dunia. Biasanya ada 2 kegiatan utama yang dilaksanakan pada Hari Raya ini, yakni pelaksanaan ibadah Haji dan juga pemotongan hewan Qurban. Pada hari raya Idul Adha tahun 1441 H kegiatan Haji tidak dapat dilaksanakan seperti biasanya karena situasi pandemi Covid-19. Sementara itu, pelaksanaan Qurban tetap dilaksanakan dengan menggunakan prosedur yang ketat. Pada tahun sebelumnya, MTsN 2 Kulon Progo melaksanakan beberapa kegiatan di hari Idul Adha. Salah satunya adalah pemotongan hewan Qurban di madrasah, dan penyerahan hewan Qurban ke masyarakat. Namun pada tahun ini kegiatan yang bisa dilakukan hanya penyerahan hewan Qurban berupa 3 ekor kambing ke Masjid dan Pondok Pesantren. Hal itu disampaikan Wakil Kepala Madrasah bagian Humas, Drs.Najmudin saat penyerahan ke panitia Qurban pada Sabtu (1/8/2020).

“Karena kondisi yang tidak memungkinkan, maka pada tahun ini kita tidak bisa melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan Qurban di madrasah seperti tahun-tahun sebelumnya. Tetapi hal pokok dalam kegiatan ini tetap bisa dilaksanakan, yakni penyerahan hewan Qurban ke masyarakat yang ada di lingkungan madrasah kita,” ujar Najmudin.

“Poin utama yang ditekankan pada hari Qurban adalah nilai sosial. Sebagai manusia kita harus peduli terhadap sesama, sehingga hari ini kita berbagi kepada orang lain menjadi pengingat agar kita juga berbagi di hari lainnya,” lanjutnya.

Adapun hewan Qurban yang diserahkan oleh pihak MTsN 2 Kulon Progo berjumlah 3 ekor kambing. Ketiganya diserahkan ke tempat yang berbeda-beda, yakni Pondok Pesantren Al-Kudus, Jogoresan, Masjid Darussalam, Weton dan Masjid Tegalsari, Janten.

Senada dengan Najmudin, Kepala MTsN 2 Kulon Progo, Muhammad Dwi Putranto Secara terpisah  mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian dan media untuk berbagi. “Kita berharap kegiatan ini dapat menjadi ajang untuk menumbuhkan kepedulian dan rasa berbagi dengan sesama. Kegiatan ini harus dijadikan sebagai media untuk melatih kepekaan sosial, hendaknya kita tidak hanya berbagi di hari raya Idul Adha saja tetapi lebih dari itu menjadi kebiasaan dalam keseharian kita,” ujarnya. (dan/abi)

Tinggalkan Balasan