MI Al Falaah Kaliwiru Kembangkan Online Market

Kulon Progo (MI Al Falaah) – MI Al Falaah Muhammadiyah Kaliwiru putuskan untuk mengembangkan BUMM dengan online market, karena himpitan ekonomi untuk mencukupi rumah tangga madrasah.  Usaha yang dirintis di awal tahun 2019 pada awalnya sudah bisa memberikan sumbangsih untuk operasional pendidikan. Dengan desain warung, BUMM menyediakan kebutuhan warga madrasah dan masyararakat sekitar.

Yeni muharomah sebagai Kepala Madrasah sekaligus Direktur BUMM mengungkapkan bahwa di awal masa pandemi ini giral mart sepi pembeli.  Tidak ada pemasukkan yang signifikan hanya, sebatas kebutuhan seragam yang penjualannya pun tidak maksimal.  “Perlu ada inovasi terobosan agar bisa mencapai target penjualan. Terobosan tersebut diantaranya menggunakan sistem penjualan online.  Memfasilitasi pembeli dengan secara online dan delivery order,” ungkapnya.

Sistem ini ditangkap oleh Tim Lazis Unisia sebagai pencetus dan pelaksana program galang madrasah tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. “Sistem ini didukung sepenuhnya oleh Lazis Unisia sebagai pendamping usaha BUMM di MI Al Falaah Muhammadiyah Kaliwiru agar usaha yang sudah berdiri tetap eksis memperoleh pendapatan meski di tengah pandemi,” tegas Zaenal Zakze saat monitoring BUMM di madrasah setempat, Rabu (12/8/2020).

Zaenal juga menuturkan bahwa usaha online yang dibuka perlu dikemas dengan semenarik mungkin agar mendapat nilai jual yang fantastis. “MI Al Falaah sebagai pionir penyedia barang yang dibutuhkan masyarakat.  Perlu ditambah usaha keliling untuk memasarkan barang dagangannya berupa gerobag. Dan Insya Allah nanti akan dibantu gerobak serta permodalannya oleh Lazis Unisia,” imbuhnya.

Sementara itu, Susi Purwanti selaku guru dan Tim giral Mart BUMM MI Al Falaah mengungkapkan sangat tertarik serta berusaha untuk menangkap peluang usaha sebagai pengembangan BUMM kedepan.  “Tetapi pihak managemen harus mencari tenaga tambahan untuk membantu pengembangannya.  Jika dimainkan guru akan sangat beresiko untuk perkembangan pendidikan di madrasah,” ucapnya. (ymr/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

Tinggalkan Balasan