Idul Adha di MIM Kenteng, Upaya Peningkatan Habluminallah dan Habluminannas

Kulon Progo (MIM Kenteng) – Hari Raya Idul Adha 1441 H yang bertepatan dengan hari Jumat  (31/7/2020) merupakan hari yang mulia bagi seluruh umat Islam. Memang sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, karena adanya pandemi ini sehingga terdapat beberapa penurunan di berbagai bidang, baik bidang ekonomi yaitu harga penjualan hewan qurban, para donatur/ shahibul qurban juga. Namun bukan menjadi alasan untuk menurunkan kadar keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Kepala MIM Kenteng, Rujito, S.Pd.I., M.Pd. menjelaskan bahwa keluarga MIM Kenteng memaknai Hari Raya Qurban 1441 H ini sebagai ajakan untuk meningkatkan habluminallah dan habluminannas. “Kami mengadakan beberapa agenda sejak pra hingga pasca hari raya, dimulai sejak Rabu (29/7/2020) hingga Senin (3/8/2020). Diantaranya Sapa Keluarga Online, Tebar Keilmuan, penyembelihan dan pembagian hewan qurban, dan Family Gathering,” jelasnya.

“Sapa Keluarga Online dan Tebar Keilmuan ini dilakukan dengan share 2 video oleh Arjuna Team MIM Kenteng yang berisi pesan singkat Kepala Madrasah dengan durasi  +45 detik dan +15 menit. Video tersebut berisi tentang beberapa informasi serangkaian kegiatan dan tata cara ibadah di Hari Raya Idul Adha, dengan memanfaatkan whatsap group, video instagram dan chanel youtube MIM Kenteng sebagai medianya,” tambah Rujito.

Salah satu guru MIM Kenteng yang tergabung dalam Arjuna Team, Rizco Ardian Saputro menambahkan bahwa terkait dengan kegiatan penyembelihan dan pembagian hewan qurban dilaksanakan Senin (3/08/2020). Panitia sudah mulai menyembelih kambing qurban ke madrasah berjumlah 4 ekor kambing. Adapun shahibul qurban diantaranya Dimas Kusuma Aji Bin Yayat Dimyati, Suryadi Ahmad bin Yayat Dimyati, Sartini, dan Herwinanto. Panitia merupakan paguyuban wali murid dan komite madrasah yang bekerja sama dengan guru MIM Kenteng,” ungkap Rizco.

Family Gathering dilaksanakan juga serangkaian dengan kegiatan peyembelihan hewan qurban bagi keluarga besar Kompleks Pendidikan Islami yang terdiri dari Paud Kumajaya Kenteng, TK ABA Kenteng, MI Muhammadiyah Kenteng, dan Masjid Kholid bin Walid Kenteng. Kegiatan  Family Gathering ini dibungkus secara sederhana yaitu dengan makan bakso bersama. Namun terkait dengan pelaksaan kegiatan tersebut dibuat beberapa shift guna menanggulangi terjadinya penumpukan masa. TK dan PAUD mulai pukul 08.00 WIB. Tentunya juga tetap menjaga protokol kesehatan pandemi Covid-19, yaitu dengan pemakaian masker, pengukuran suhu badan, cuci tangan dan juga pemakaian hand sanitizer,” tambanya.

Adapun pembagian jam kedatangan untuk wali dan anak-anak untuk menikmati bakso dan juga pengambilan daging qurban mulai pukul (09.00 – 09.30 WIB) untuk TK dan PAUD, pukul (09.30-10.00 WIB) untuk kelas I dan II, pukul (10.00-10.30 WIB) untuk kelas III dan IV, pukul (10.30-11.00 WIB) untuk kelas V dan VI. Pembagian daging qurban dibantu oleh panitia dari paguyuban wali dan juga wali kelas masing-masing sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

“Mari bersama–sama saling mengingatkan dalam hal kebajikan dan mencegah dalam hal kemungkaran. Kita isi Hari Raya Idul Adha tahun ini dengan terus bertaqarub kepada Allah dan membangun semangat berbagi serta peduli terhadap sesama demi terwujudnya keistiqamahan dalam berhabluminallah dan habluminannas,” pungkas Rizco. (ras/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

Tinggalkan Balasan