Sosialisasi Pedoman Kerja Kepengawasan Era Pandemi

Kulon Progo (Pokjawas) – Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY menggelar Sosialisasi Kepengawasan. Acara yang dikuti oleh seluruh Pengawas Madrasah se-DIY tersebut digelar secara virtual, Rabu (29/7/2020).

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, H. Muntolib, S.Ag., M.S.I. mengapresiasi kegiatan ini. Di samping itu Kabid menandaskan bagaimana peran penting pengawas terhadap kemajuan madrasah. “Keberadaan pengawas sangat penting sebagai ujung tombak kemajuan madrasah, sekaligus konsultan bagi kepala madrasah dan guru,” paparnya.

“Bagaimana pengawas memonitoring keberadaan madrasah, mencari potensi, menelaah dan memodifikasi celah-celah yang dapat mengangkat prestasi dan kinerja madrasah,” imbuh Muntolib.

Sementara itu, narasumber dihadirkan dari Tim Penyusun pedoman kerja  pengawas GTK Kemenag RI, H. Muhamad Zeinuri, M.Pd.  yang berasal Pokjawas Jawa Timur.   Zein panggilan akrabnya menyambut baik dan merasa bahagia bisa hadir saat ini untuk berbagi. Zein yang merupakan Juara guru berprestasi Nasional tahun 2016 dan alumni SC Finlandia 2017 menyapa dengan ramah dalam memulai presentasinya.

Secara jelas Zein memaparkan bahwa pada masa pendemi ini tugas dan fungsi pengawas sebagai Inspirator, Pendiagnosa, Motivator, penasehat, fasilitator, tutor, supervisor sekaligus pemberdayaan pada pendidikan madrasah. “Sedangkan prinsip-prinsip pengawasan dalam masa darurat bencana ialah fleksibel, adaptif, demokratif, kooperatif dan kreatif. Semua program pelaksanaan kepengawasan harus disesuaikan dengan situasi dan konsidi serta berbasis pada  kesehatan dan keselamatan,” terang Zein.

Pengawas Madrasah Kankemenag Kulon Progo, Barokatussolihah mengaku senang bisa reunion dengan temannya sesama alumni guru berprestasi nasional. “Alhamdulilah bisa reuni alumni guru berprestasi nasional dan SC Finland, dengan narasumber yang juga dosen di Universitas Mojokerto sekaligus penerjemah ketika di Finlandia. Bersyukur dan bahagia sekali,” ungkap Ika.

Sesi dialog cukup atraktif dan antusias, terbukti masing-masing daerah pengawas  dan Kasi Dikmad mengajukan pertanyaan serta sharing. Semoga wabah lekas berlalu dan program kegiatan akan berjalan sebagaimana yang direncanakan. (izs/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

Tinggalkan Balasan