Refleksi Intelektual, K2MI Muhammadiyah Gelar Diskusi Produktif Madrasah Hebat Bermartabat

Kulon Progo (MIM Kenteng) – Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Kepala Madrasah Rujito, S.Pd.I, M.Pd menyebutkan bahwa dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama antar Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah se-Kabupaten Kulon Progo, maka pengurus K2MI (Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah) mengadakan  pertemuan rutin setiap sebulan sekali dengan mengusung tema “Refleksi Intelektual dan Diskusi Produktif Madrasah Hebat” yang tempatnya bergiliran. Hal itu diungkapkan Rujito di sela-sela pertemuan rutin tersebut di Rumah Keong Lokasi Taman Wisata Bendung Kamijoro, Sabtu (25/7/2020) dengan tuan rumah MI Al Falaah Muhammadiyah Kaliwiru.

“Pertemuan rutin ini kami gelar untuk meningkatkan hubungan kerjasama antar MI Muhammadiyah se-Kulon Progo. Di sini kami sampaikan beberapa informasi madrasah dan membahas terobosan baru demi kemajuan bersama,” ungkapnya.

Rujito antara lain menyampaikan informasi berkaitan dengan Idul Adha 1441 H. “Semua MI Muhammadiyah melaksanakan qurban di madrasahnya masing-masing, kecuali MIM Selo. Selanjutnya kita harus bisa dan mau untuk melebarkan sayap madrasah supaya bisa mengikuti perkembangan saat ini. Adapun hal yang bisa kita lakukan yaitu dengan memperkuat hubungan interaksi dengan lembaga lain yang bisa mendorong madrasah menjadi lebih maju,” jelasnya.

“K2MI Muhammadiyah juga akan melaksanakan pelatihan Microsoft  365 yang tentornya adalah Ary Mukhlis, M.Pd. (Guru MIM Kenteng) bagi guru-guru MIM se-Kulon Progo. Berkaitan dengan kegiatan pelatihan MS 365 oleh BKS untuk kelas 4 maka K2MI sepakat untuk mengadakan pelatihan bagi guru kelas 5 dan 6 dari tiap sekolah dengan perwakilan 2 orang ditambah kepala madrasah yang belum mengikuti,” tambah Rujito.

Lebih lanjut  Rujito menambahkan beberapa hal  yang berkaitan dengan pengimbasan budaya literasi kepada setiap madrasah. “Salah satunya dengan melibatkan wali murid untuk ikut merawat sekolah, perpustakaan, dan membuat pojok baca di dalam kelas. Sedangkan terkait dana bisa diusung bersama. Sebisa mungkin wajib interaksi dan kolaborasi dengan wali murid terkait kegiatan sekolah, perlu juga diadakannya evaluasi mingguan untuk internal guru, dan bisa juga evaluasi bulanan bersama guru dan wali murid.  Terkait dengan kurikulum akan diseragamkan terlebih dahulu seluruh K2MI se Kulon Progo supaya arah gerak dan jalannya madrasah bisa serasi,” lanjutnya.

“Jangan malu dan jangan minder dengan sekolah /madrasah yang lain, mari kita tunjukkan bahwa kita bisa untuk maju, jadikan pelajaran dan guru terbaik setiap pengalaman. Kolaborasi, interaksi dan komunikasi harus selalu dijaga. Berani menunjukkan output madrasah yang bagus dengan berbagai cara, karena sebagai salah satu wujud publikasi dan pengenalan madrasah kepada setiap elemen masyarakat guna membangun kepercayaan dan kerjasama dengan masyarakat,” pungkas Rujito.

Sementara itu Kepala MIM Al-Falah Kaliwiru, Yeni Muharomah sebagai tuan rumah selain menyampaikan ucapan selamat datang juga terima kasih kepada seluruh peserta rapat yang sudah hadir dan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan melakukan tes suhu badan sebelum masuk ke area diskusi, cuci tangan serta penggunaan masker.

Yeni juga menambahkan bahwa untuk kegiatan pelatihan Microsoft 365 akan dilaksanakan di MIM Kenteng, Selasa (4/8/2020). Rencananya akan mengundang Kasi Dikmad Kankemenag Kulon Progo dan Dikdasmen PDM dengan target peserta sebanyak 30 orang.

Pada pertemuan ini dihadiri Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah se-Kulon Progo yaitu MIM Kenteng, MIM Grubug, MIM Serangrejo, MIM Selo, MIM Garongan, MIM Al Falah Kaliwiru, MIM Nglinggo, MIM Sendangmulyo, MIM Nogosari, guru MIM Al-Falah Kaliwiru, serta anggota Arjuna Team MIM Kenteng, Rizco Ardian Saputro dan Benny Mu’alim. (ras/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 tanggapan pada “Refleksi Intelektual, K2MI Muhammadiyah Gelar Diskusi Produktif Madrasah Hebat Bermartabat”

Tinggalkan Balasan