Pemungutan Zakat ASN, Kankemenag dan Baznas Kulon Progo Saling Bersinergi

Kulon Progo (Kankemenag) – Sinergitas/kolaborasi yang baik anata Baznas dan Kankemenag Kulon Progo perlu ditingkatkan. Sinergitas/kolaborasi penting untuk mencari solusi terbaik dalam pemungutan zakat ASN agar sesuai prosedur yang formal. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H. Ahmad Fauzi, S.H. menyampaikan hal itu saat Audiensi dengan Baznas setempat di Rumah Makan Dapur Semar, Wates, Selasa (21/7/2020) pagi.

“Audiensi ini merupakan tindaklanjut dari pertemuan antara Kanwil Kemenag dengan Baznas se-DIY beberapa waktu lalu. Ini untuk mencari solusi terbaik terkait pemungutan zakat ASN agar sesuai dengan prosedur yang formal. Sehingga sangat perlu sinergitas/kolaborasi yang baik antara Baznas dengan Kankemenag Kulon Progo,” ungkap Kakan.

Kakan Ahmad Fauzi juga mengapresiasi kinerja Baznas Kulon Progo yang sangat baik selama ini.

Sementara itu Ketua Baznas Kulon Progo, Drs. H. Abd. Madjid mengharapkan agar UPZ Kankemenag Kulon Progo tidak perlu menyalurkan dana sendiri. “UPZ Kankemenag Kulon Progo tak perlu menyalurkan dana sendiri, karena pegelolaan UPZ harus professional dan administrasi keuangannya juga harus akuntabel,” tutur Madjid.

“UPZ Kankemenag cukup menyusun program dan anggaran dalam setahun, kemudian diajukan ke Baznas. Selain itu, satker-satker dikoordinir oleh UPZ Kankemenag, tidak perlu membentuk UPZ sendiri,” tegas Ketua Baznas yang juga mantan Kasi Bimas Islam itu.

Dari hasil audiensi tersebut disepakati agar satker-satker Kankemenag tidak membentuk UPZ sendiri, tetapi disetorkan ke UPZ Kankemenag untuk diteruskan ke Baznas Kulon Progo. UPZ Kankemenag agar meningkatkan kinerjanya. Kemudian kebutuhan satker yag selama ini mengelola sendiri, setelah dananya disetor ke Baznas akan dimusyawarahkan agar kebutuhan rutin satker tetap terpenuhi. Selanjutnya dalam waktu dekat akan diadakan sosialisasi dan musyawarah dengan satker-satker, termasuk madrasah. (roc/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

Tinggalkan Balasan