Pembinaan Pegawai, Kakan Ahmad Fauzi Tekankan Enam Hal

Kulon Progo (Kankemenag) – Kankemenag Kulon Progo pertamakalinya melakukan kegiatan Pembinaan Pegawai di masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Pembinaan Pegawai tersebut digelar di Aula Menoreh kantor setempat, Senin (20/7/2020) pagi.

Setidaknya ada enam hal yang disampaikan oleh Kepala Kankemenag Kulon Progo, H. Ahmad Fauzi, S.H. dalam kesempatan itu. “Yang pertama di masa Adaptasi Kebiasaan Baru kita perlu tetap selalu waspada dengan mematuhi protokol kesehatan. Minimal selalu memakai masker, sering cuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir, serta jaga jarak. Hal ini mengingat 80% kasus positif Covid-19 adalah Orang Tanpa Gejala (OTG),” ungkap Kakan.

Yang kedua Fauzi menjelaskan terkait seragam kerja. “Sudah ada SK dan surat dari Kakanwil yang sudah menunjuk nomer, type, dan merk bahan seragam yang akan dikenakan oleh seluruh ASN di Lingkungan Kanwil Kemenag DIY. Untuk pengadaannya nanti akan berkoordinasi dengan koperasi,” imbuhnya.

Ketiga terkait zakat pendapatan/profesi. Bahwa semua PNS muslim di lingkungan Kanwil Kemenag DIY akan langsung dipotong zakatnya sebesar 2,5% dari gaji maupun tujangan yang diterimanya. Hal ini sudah melalui koordinasi antara Kanwil Kemenag DIY, Kankemenag Kabupaten/Kota, dan Baznas.

Sementara poin keempat berkaitan dengan penyesuaian Jabatan Pelaksana. “Beberapa teman kita mengalami penurunan great dalam peyesuaian jabatan pelaksana ini. Jadi monggo pimpinan satker dan unit kerja untuk bisa memberikan pemahaman terhadap masing-masing pegawai di bawah binaannya,” tambah Kakan lagi.

Kelima terkait Pedoman pelaksanaan takbir, shalat Idul Adha dan Penyembelihan Qurban. “Sesuai Edaran Menag, surat Kakanwil, Edaran Bupati, dan Maklumat Bersama, maka dalam perayaan Idul Adha tidak diadakan takbir keliling. Untuk shalat Idul Adha tidak digelar di Lapangan, namun dapat dilakukan di masjid, mushala, langgar, maupun rumah pribadi. Sedangkan untuk penyembelihan hewan Qurban harus memenuhi aturan protokol kesehatan.

Yang keenam bahwa memasuki semester kedua serapan anggaran masih di bawah. “Untuk itu mohon kegiatan yang bisa disegerakan untuk bisa dilaksanakan untuk meningkatkan penyerapan anggaran,” pungkas Kakan. (abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19  

Tinggalkan Balasan