MUSERA Gelar Pantau Bersama PPDB Online SMP Kulon Progo

Kulon Progo (MUSERA) – Persiapan Tahun Ajaran 2020/2021 mulai dilakukan, tidak terkecuali Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP yang dilaksanakan selama 3 hari, Senin-Rabu (29/6- 1/7/2020).

MI Muhammadiyah Serangrejo mulai Senin (29/6/2020) memberikan fasilitas pemantauan PPDB SMP melalui layar LCD. Fasilitas ini ditujukan untuk orangtua/wali siswa yang ingin melakukan pemantauan bersama atau mengalami kendala dalam mengakses sendiri.

Pemantauan dilaksanakan selama 3 hari dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB di ruang kelas III MI Muhammadiyah Serangrejo. Kelas ditata sedemikian rupa sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Hal ini disambut antusias oleh orangtua/wali siswa.

Mekanisme pendaftaran PPDB pada jenjang TK, SD, dan SMP dilakukan secara kolektif oleh Kepala Satuan Pendidikan atau Kepala Sekolah/Madrasah masing-masing jenjang. Pendaftaran jenjang TK dan SD dilakukan secara offline, sementara untuk SMP dilakukan secara online.

Pada hari pertama pendaftaran, madrasah memberikan berkas-berkas persyaratan ke sekolah tujuan siswa, sesuai daerah zonanya masing-masing. Setelah berkas masuk, data akan diinput kemudian akan muncul dalam perangkingan web PPBD online SMP Kulon Progo. Dari web tersebut dapat dilihat posisi masing-masing siswa.

“Hari pertama masih aman, karena belum banyak juga yang menyerahkan berkas ke SMP tujuan. Hari kedua mulai banyak pergeseran rangking. Di hari ketiga ini semua wajib memantau dan bersiap-siap apabila ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Karena seperti kita tahu, di hari terakhir biasanya banyak bom-boman,” ungkap Sumarsih, Kepala MI Muhammadiyah Serangrejo.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa madrasah mengutus beberapa guru untuk untuk stand by di masing-masing sekolah tujuan siswa. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dan mendampingi para orangtua wali dalam mengurus berkas-berkas seperti pencabutan atau hal lain.
“Kami berusaha tetap membantu dan melayani yang terbaik semampu kami. Namun, keputusan pilihan sepenuhnya berada di tangan orangtua/wali,” imbuhnya.

Jazimah, salah satu orangtua siswa merasa sangat terbantu atas adanya inisiatif madrasah yang memberikan fasilitas pemantauan bersama.
“Saya merasa terbantu sekali dengan adanya pemantauan bersama ini. Selain lebih jelas, kami juga bisa berdiskusi meminta pertimbangan kepada madrasah terkait pemilihan SMP/MTs yang tepat apabila terjadi pergeseran rangking. Pengambilan dokumen persyaratan juga lebih cepat kami lakukan, karena mengingat jam-jam rawan seperti ini, kami dituntut bergerak, berpikir, serta mengambil keputusan dengan cepat dan tepat,” tuturnya.

Setelah semua rangkaian pendaftaran selesai, tahap selanjutnya yaitu pengumuman. Hasil seleksi PPDB SMP Kulon Progo diumumkan Kamis (2/7/2020) pada web dan Satuan Pendidikan Menengah masing-masing.

Sumarsih berpesan, agar anak-anak tetap semangat dan berprestasi di SMP/MTs barunya masing-masing serta mampu menjaga nama baik madrasah.
Dimana pun tempatnya tidak ada yang berbeda. Skenario terbaik dari Allah yang wajib disyukuri. Semua diniatkan untuk menuntut ilmu dan memperoleh keberkahan di dalamnya. (del/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 tanggapan pada “MUSERA Gelar Pantau Bersama PPDB Online SMP Kulon Progo”

  1. Semangat Dek Kamad MUSERA, semoga lulusan Musera bisa masuk SMP./MTs sesuai yg diharapkan. Harapannnya masuk MTs semua. Barokalloh

Tinggalkan Balasan