Elsap Yogyakarta dan Lazis UNISIA UII Dampingi MI Al Falaah Muhammadiyah Kaliwiru

Kulon Progo (MI AlFalaah)New normal tidak lepas dari protokol kesehatan. MI AL Falaah Muhammadiyah Kaliwiru menerima pembinaan dan monitoring dari Elsap  dan Lazis UNISIA UII. Pembinaan berupa penguatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengelola madrasah dan masyarakat sekitar di tengah pandemi dalam memberikan pelayanan kepada peserta didik. Acara tersebut dilaksanakan di aula madrasah setempat, Selasa (28/7/2020).

Pendampingan dari Elsap dan Lazis UNISIA UII, Asofi Tiktana, MSI berpesan agar madarsah dikelola dengan baik. “Selamat atas perolehan siswa baru sebanyak 19 anak di tahun 2020/2021 ini. Mohon untuk dikelola sebaik-baiknya,” ucap Asrofi.

Dituturkan pula bahwa kemerosotan pendaftaran siswa sekolah bonafit karena dalih ekonomi lumpuh, sehingga harus mengurangi pengeluaran. “Jadi putra/putrinya di sekolahkan di sekolah yang murmer (murah meriah) dan tidak mengeluarkan biaya banyak, toh guru tidak mengajar. Begitu anggapan masyarakat selama musim pandemi ini. Karena itu, meski honorer guru dan pegawai niatkan untuk pengabdian di madrasah. Bukan untuk memperoleh uang, tetapi niatkan sosial. Tidak hanya sekolah atau madrasah yang dikelola tetapi juga orang luar untuk kemaslahatan bersama,” imbuhnya.

Terkait dengan manajemen madrasah, MI Al Falaah harus  bisa mengoptimalkan masyarakat setempat, dan koordinasi dengan takmir masjid. “Kerjasama dengan wali murid wajib dioptimalkan. Misalnya wali diminta menjadi narasumber pembelajaran sesuai dengan profesinya. Hal ini untuk menambah rasa kepemilikan terhadap madrasah, sehingga menambah kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan putra/putrinya ke MI Al Falaah,” tambah Asrofi lagi.

“Di masa pandemi pihak madrasah wajib mendengarkan keberatan orang tua. Tetap diperhatikan sebagai wujud curahan hati selama mendampingi peserta didik di masa pandemi,” pungkasnya.

Kepala MI Al Falaah, Yeni Muharomah siap melaksanakan pengembangan dan penguatan intern untuk menjadi madrasah hebat bermartabat.  “Usaha yang sudah ditempuh selama pandemi Covid-19 dan new normal diataranaya menyelenggarakan pendidikan berbasis daring dan luring.  Daring ditempuh guru dengan membuat media online baik dengan ppt videos,  Google form program sway office 365, video shooting, dan lain-lain,” papar Yeni

Salah satu guru MI Al Falaah, Fajar Tanjung Thursina mengaku senang mendapat banyak ilmu dalam pembinaan tersebut. “Terimakasih kepada pak Asrofi Tiktana yang telah memberikan pembinaan di madrasah kami pada awal tahun ajaran baru ini. Semoga ilmu tentang modal sosial dan metode pembelajaran online atau belajar dari rumah dapat kami kembangkan di madarsah. Terutama di era pandemi seperti ini,” ungkapnya. (yen/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

Tinggalkan Balasan