Tingkatkan Kualitas Manasik, Bidang PHU Gelar Safari Rakor

Kulon Progo (Kankemenag) – Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag DIY menggelar Rapat Koordinasi Peningkatan Kualitas Manasik. Rakor di gelar di masing-masing Kankemenag Kabupaten/Kota. Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag DIY, Sigit Warsita menyampaikan hal itu di sela-sela kegiatan tersebut di Aula Menoreh Kankemenag Kulon Progo, Senin (21/10) pagi.

“Safari rakor ini yang keempat kalinya. Koordinasi ini untuk membangun persepsi yang sama dalam penyelenggaraan haji, karena melibatkan berbagai pihak,” ungkap Sigit.

“Undang-undang Nomor 8 tahun 2019 pasal 3 menyebutkan bahwa penyelenggaraan haji dan umrah bertujuan untuk memberikan pembinaan, pelayanan, serta perlindungan haji dan umrah. Yang kedua untuk mewujudkan kemandirian penyelenggaraan haji dan umrah,” imbuhnya.

Karena itu menurut Sigit, Menteri Agama telah mencanangkan tahun 2020 sebagai tahun peningkatan kualitas manasik haji. “Sisi ibadah harus ditingkatkan, bahkan menjadi perhatian utama. Sedangkan untuk konsumsi, akomodasi dan transportasi sudah sangat memuaskan. Indeks kepuasan jama’ah haji untuk masalah layanan sudah mencapai 85,91 sari target 85,3. Jama’ah reguler sudah terasa seperti haji khusus,” terang Sigit.

Lebih lanjut Sigit menambahkan bahwa mulai tahun depan jama’ah haji harus bisa mandiri. “Jama’ah mandiri akan bisa menyelesaikan setiap problem yang dihadapi dan tidak tergantung pada pembimbing. Selama ini ketergantungan jama’ah terhadap pembimbing masih sangat tinggi. Sehingga semua harus dipersiapkan sejak awal agar segala masalah yang dihadapi jama’ah dapat terselesaikan,” urai Sigit menjelaskan.

“Manasik dan kesehatan sangat penting untuk dipersiapkan dalam menyiapkan haji yang mandiri. Jama’ah haji harus kita mandirikan. Ini selaras dengan program Kemenkes  yang sejak 2 tahun sebelum keberangkatan sudah melakukan intervensi terhadap kesehatan calon jama’ah haji. Daftar tunggu harus kita manfaatkan, jangan malah menjadi problem karena panjangnya antrian,” pungkasnya.    (abi)

Tinggalkan Balasan